RSS

apa yang di maksud cuci darah

Apa yang di maksud cuci darah ? mungkin pertanyaan itu yang ada di benak anda sekarang. Disini kita akan membahas tentang apa itu cuci darah ? bagai mana sejarahnya ? kapan harus cuci darah ? berapa lama harus melakukan cuci darah ? dan apa efek samping dari cuci darah ?


Apa yang di maksud cuci darah ?

Cuci darah atau dialisis adalah suatu proses pencucian darah untuk membersihkan tubuh dari zat limbah berbahaya yang terdapat dalam darah. Proses ini seharusnya di lakukan oleh organ tubuh kita yaitu ginjal, di karenakan ginjal tidak berfungsi dengan benar maka penyaringan ini di gantikan oleh mesin. Meskipun proses ini berfungsi seperti ginjal tetapi hanya bisa menggantikan fungsi ginjal normal 10% .

Bagaimana sejarah dari cuci darah ?

Seorang ahli kimia asal Skotlandia bernama Prof Thomas Graham yang pada tahun 1854 menemukan prinsip pemisahan bahan /zat melalui membran semipermeable. Pada tahun 1912 dilakukan hemodialisis pertama kepada hewan dengan menggunakan ginjal buatan (Artificial Kidney) oleh Jhon L Abel, LG Rowntre dan BB Turner dari John Hopkins Medical School. Hemodialisis pertama pada manusia dilakukan oleh George Haas pada tahun 1914 di Jerman. Sedangkan di Indonesia hemodialisis pertama kali dilakukan pada tahun 1972 di RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta.

 Baca juga artikel lain kami tentang cara mengobati radang amandel

Kapan harus di lakukan cuci darah ?

Cuci darah di lakukan jika fungsi ginjal kurang dari 15ml/menit , untuk lebih jelasnya cuci darah harus segera di lakukan jika :

  • Kondisi pH darah pasien yang sangat rendah dan tidak dapat dikoreksi lagi dengan obat-obatan.
  • kondisi keracunan, dilakukan cuci darah untuk membantu menurunkan tingkat keparahannya, contohnya keracunan methanol.
  • kondisi pasien dengan tingkat sisa metabolisme ureum dalam tubuh sangat tinggi dengan gejala klinis: mual muntah, kecegukan yang tidak berhenti,  penurunan kesadaran, bahkan kejang - kejang.
  • Pada pasien dengan penyakit ginjal terjadi gangguan elektrolit dalam tubuh, umumnya yang menjadi masalah adalah kelebihan kalium, menjadi hiperkalemi. Kondisi ini bila tidak segera diatasi akan menyebabkan gangguan pada jantung.
  • Terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Biasanya terjadi penumpukan cairan dalam paru-paru yang disebut sebagai Edema Paru, sehingga menyebabkan pasien menjadi sesak nafas hebat. 

Berapa lama harus melakukan cuci darah ?

Dari kebanyakan mitos bahwa cuci darah haruslah di lakukan seumur hidup, namun itu tidak sepenuhnya benar dikarena cuci darah bisa juga di lakukan hanya dalam beberapa kali saja hal ini tentunya tergantung dari tingkat keparahan penyakitnya. 

Untuk penyakit gagal ginjal akut cuci darah dilakukan sambil menunggu perbaikan fungsi ginjalnya, sedangkan untuk gagal ginjal kronik, harus dilakukan terus menerus, biasanya 3 kali seminggu dan setiap kali proses berlangsung sekitar 3-5 jam.

Bagi penderita gagal ginjal yang harus melakukan cuci darah terus menerus kemungkikan ada alternatiflain yaitu dengan melakukan transplantasi ginjal namun tidak ini cukup rumit dan memerlukan banyak pertimbangan.

Apa efek samping dari cuci darah ?

Cuci darah memang sangatlah penting tapi di samping itu dapat menimbulkan berbagai efek samping seperti menyebabkan tekanan darah rendah, pembekuan darah,  sakit kepala, mual, muntah, anemia,  detak jantung tidak teratur,  kulit dan otot menjadi kram dan gatal, infeksi paritoneum oleh bakteri, serta akan menimbulkan kecacatan yang segnifikan dan mengancam nyawa.

Itulah seputar cuci darah yang sekarang sudah menjadi momok menakutkan dalam benak masyarakat, saat melakukan cuci darah yang harus di pertimbangkan selain biaya yang cukup besar adalah efek negatif untuk tubuh, karena itu kita harus senantiasa menjaga kesehatan terutama organ ginjal. seperti pepatah " mencegah lebih baik dari pada mengobati " .

Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua , salam sehat untuk semua masrayakat dunia.

info seputar obat hebral gagal ginjal yang murah, berkualitas dan tanpa efek samping anda bisa hubungi kami 0853 2007 8349 atau pin BB 769454c5


0 komentar:

Write here, about you and your blog.
 
Copyright 2009 Agen Herbal Terpercaya All rights reserved.
Free Blogger Templates by DeluxeTemplates.net
Wordpress Theme by EZwpthemes
Blogger Templates